Jumat, 23 Januari 2015

Mengenal Benua - benua part2



Benua Amerika Utara
Wilayah Benua Amerika Utara meliputi daratan utama dan pulau – pulau di dekatnya yang berada utara tanah genting Panama. Tanah genting ini menghubungkan Amerika Utara dan Selatan. Di utara, Benua Amerika Utara berbatasan dengan Lautan Arktik, di sebelah timur dengan Samudera Atlantik Utara, di sebelah selatan dengan laut Karibia, dan di sebelah barat dengan Samudera Pasifik. Utara Benua inbi meiputi wilayah sebesar 24.500.000 km² atau sekitar 4,8 % dari permukaan bumi. Wilayah Amerika tengah terkadang dianggap sebagai wilayah Amerika Utara karena wilayahnya terlalu kecil untuk menjadi benua sendiri.

 
Kenampakan muka bumi di benua Amerika utara dapat di bedakan menjadi lima wilayah utama. Kelima wilayah tersebut, yaitu Perisai Kanada, Pegunungan Applachian,Daratan pantai Teluk Atlantik ( Atlantic-Gulf Coastel Plain), Daratan rendah bagian dalam, Coldelerra Amerika Utara (North Amerika Cordillera).
Dataran pantai Teluk Atlantik merupakan jalur daratan rendah yang luas kea rah selatan mulai dari New England selatan ke Meksiko. Coldilerra Amerika Utara merupakan jalur pegunungan, yaitu Coast Mountains dan Coast Ranger di tepi Pasifik sebelah barat dan pegunungan Rocky. Gunung tertinggi adalah gunung Mc. Kinley.
Di Benua Amerika utara mengalir sungai – sungai besar. Sungai yang terkenal adalah Sungai Mississipi. Sungai yang terkenal adalah sungai Kolorado, Columbia,Delaware,Manchenzie,Nelson,Rio Grande,Saint Lawrence,Sue Quachanna,serta Yukon. Danau Superior merupakan Danau terbesar di benua Amerika Utara, berada paling barat dari danau – danau besar yang ada, yaitu Danau Ontorio,Erie,Huron dan Michigan.
Negara – Negara yang terdapat di benua Amerika Utara, yaitu Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko. Diwilayah ini terdapat juga dua wilayah yang bukan merupakan suatu Negara melainkan bagian atau wilayah dari Negara lain.wilayh tersebut adalah Greenland ( Tanah Hijau) dan saint pierre. Selain itu, terdapat juga Negara yang berada di Amerika Tengah, yaitu Belize,Guatemala, Elsavador,Honduras,Nikaragua,Kosta Rika, dan Panama.
Adapun kenampakan buatan yang terkenal dari Benua Amerika Utara adalah (a). patung Liberty, di New York (Amerika Serikat).(b) Terusan Panama, di Meksiko yang menghubungkan Samudera Atlantik hdan samudra Pasifik (c). Industri Film Hollywood, di Amerika Serikat yang merupakan tempat pembuatan film terbesar di dunia.









Benua Amerika Selatan
Amerika Selatan merupakan benua yang berada di antara Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik, yang tersambung dengan Amerika Utara melalui Tanah genting Panama. Benua ini dilintasi oleh garis khatulistiwa, dan sebagian besar dataran benua tersebut berada di belahan bumi selatan.Bagian barat benua Amerika Selatan terdiri atas barisan pegunungan Andes dari utara hingga ke selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar