Jumat, 23 Januari 2015

Mengenal Benua - benua di Dunia part 1



Benua Afrika




Posisi geografis Benua Afrika adalah letak benua Afrika berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Apabila di amati dalam peta wilayah Afrika dengan seksama akan kita daptkan titik – titik terluar dari benua Afrika sebagai berikut
a.    Titik terluar paling selatan dari benua Afrika terletak di Tanjung Aguljhas, afrika Selatan .Tempat ini tepat dilalui garis 34°52’ LS’(Lintang selatan)
b.    Titik terluar paling utara dari benua Afrika terletak di Tanjung Ben Sekka, Tunisia. Tempat ini tepat dilalui garis 37° 21’ LU (Lintang Utara)
c.    Titik terluar paling barat dari benua Afrika terletak di tanjung Almadies,Senegal. Tempat ini tepat di lalui garis 17° 32’ BB (Bujur Barat)
d.    Titik terluar paling timur dari benua Afrika terletak di Tanjung Hafun, Somalia. Tempat ini tepat dilalui garis 51° 26’ Bt (Bujur Timur)

Titik – titik terluar dari benua Afrika digunakan sebagai dasar untuk menentukan posisi geografis Benua Afrika. Dengan demikian posisi geografis Benua Afrika dapat diketahui yaitu terletak pada garis 34° 52’ LS-37° 21’ LU dan garis 17° 32’ BB-51° 26’ BT. Berdasarkan letak Geografis, benua Afrika dibatasi dengan batas – batas sebagai berikut.
a.    Batas Utara         : Selat Giblartar, laut Tengah,terusan Suez, teluk Suez, laut merah,Selat Bab el Mandeb, dan teluk Aden
b.    Batas Barat         : Samudera Atlantik
c.    Batas Timur         : Samudera Hindia
d.    Batas Selatan      : Samedera atlantik dan samudera Hindia.
                          Benua Afrika terkenal sebagai daerah kering, tandus, dan jarang turun hujan. Hal ini menyebabkan banyak Negara di benua Afrika memiliki daerah bergurun – gurun. Daerah yang terletak 0° adalah daerah jarang turun hujan seperti daerah gurun Sahara,gurun Libya,Dataran Sahel, dan lembah Taodenni. Sebaliknya daerah yang berada di Selatan 0° lebih banyak menerima hujan seperti pada lembah Kongo, lembah Great Riff, dan Daerah Kinsasa.
Iklim Benua Afrika adalah Tropis dengan suhu panas dan banyak curah hujan sehingga ditemui banyak hutan hujan tropis. Namun di Afrika bagian selatan memiliki iklim subtropics atau sedang. Kenamapakan alam pegunungan Atlas,pegunungan Rif, Pegunungan Sinai(Mesir) yang tertutup salju pada musim dingin dan pegunungan Tebing besar dengan wilayah tertingginya adalah pegunungan Dragensberg yang berda di taman nasional Royal natal.
Wilayah Afrika memiliki Sungai – sungai besar diantaranya adalah sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia yang membelah Negara Mesiar. Sungai lain, yaitu sungai Orange (2.090 km) yang mengalir melewati Highveld dan memisahkan Namibia dan bermuara ke samudera Atlantik, serta sungai Zambesi (Zambia)yang membentuk air terjun Mosi-oa-Tunya(air terjun Victoria) dengan tinggi 108 meter. Kenampakan gurun terdapat di Afrika bagian Utara yang sangat luas, yaitu Gurun Sahara dan Gurun Libya. Di Gurun – gurun ini ditemukan beberapa mata air. Mata air yang ada di sekitar gurun di sebut Oase. Tumbuhan yang ada di gurun adalah pohon kurma, sayuran, dan semak – semak. Keadaan flora di Afrika anatara lain berupa hutan heterogen, sedangkan fauna yang banyak adalah unta dan gorila.

Kenampakan buatan di benua Afrika adalah ;
a.    Piramida dan Spink yang ada di Mesir. Keduanya merupakan hasil peradaban Mesir Kuno. Piramida merupakan salah sati keajaiban dunia
b.    Terusan Suez ada di Mesir. Kegunaannya sebagai transportasi laut dari benua Asia ke Benua Afrika dan Benua Eropa dengan jarak relative dekat. Terusan ini menghubungkan laut Merah dengan laut Tengah
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar