Sabtu, 20 Desember 2014

organisasi di Asia Tenggara sebelum ASEAN


Sebelum ASEAN terbentuk, telah ada sejumlah organisasi yang mendahuluinya, seperti berikut .
  1. South-East Asia Treaty Organization (SEATO). Didirikan pada tanggal 8 September 1954 untuk menjalin kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan. Organisasi ini juga didirikan untuk menghadapi perluasan kekuatan negara - negara komunis yang dipimpin Uni Soviet.
  2. Association South-east Asia (ASA), didirikan pada tahun 1961 oleh tiga negara yaitu Thailand, Filipina dan Malaysia.ASA bertujuan menjalin kerjasama dalam bidang sosial dan kebudayaan. Organisasi ini jugab  berusaha mengajak Indonesia untuk bergabung. Namun, Presiden Ir. Soekarno menolak tawaran tersebut. ASA ternyata tidak dapat berjalan lancar karena persteruan antara Malaysia dan Fhilipina. Fhilipina mengklaim Sabah (negara bagian Malaysia) termasuk wilayahnya.
  3. Maphilindo, didikan pada tahun 1963. Organisasi ini didirikan oleh tiga negara yaitu Malaysia,Fhilipina,dan Indonesia. Organisasi ini berjalan lancar karena adanya perseteruan antara Indonesia dengan Malaysia. Indonesia menganggap Malaysia sebagai negara boneka bentukan Inggris. Menghadapi hal tersebut, akhirnya muncul ide untuk menghidupkan kembali ASA.Namun, Indonesia menolak untuk bergabung didalamnya.

10 komentar: