Rabu, 28 Januari 2015

KENAMPAKAN ALAM ASIA TENGGARA PART3

Filipina
a.       Kenampakan Alam Negara Filipina
Filipina merupakan Negara kepulauan yang terdiri atas 7.100 pulau yang luas wilayahnya 300.000 km². akan tetap hanya sekitar 1.000 pulau saja yang didiami manusia. Pulau – pulau yang besar ialah Mindanao dan Luzon.
Negara Filipina termasuk daerah pegunungan lingkaran Pasifik. Filipina mempunyai banyak gunung api yang masih aktif. Kondisi tersebut menyebabkan Negara Filipina rawan bencana alam gunung meletus dan gempa. Puncak gunung tertinggi yang ada di pulau Mindanao adalah Gunung Apo(1,954 m)dan yang ada di pulau Luzon adalah Gunung Mayon(2.421 m). Oleh karena kondisinya yang bergunung – gunung, di Filipina di jumpai banyak areal persawahan yang bertingkat – tingkat dan sangat indah di pandang mata.
Pada umumnya sungai di Filipina pendek – pendek dan beraliran deras. Beberapa sungai penting di Filipina, antara lain sungai Agusan dan Mindanao di Pulau Mindanao. Sungai Cagayan,Agno,Pangpana,dan Malanas di pulau Luzon. Beberapa danau terkenal di Filipina, antara lain Danau Lanau di Pulau Mindanao, Danau laguna dan danau Tar di pulau Luzon, serta Danau Naujan di Pulau Mindoro.
b.       Kenampakan Sosial Negara Filipina.
Sebagian besar penduduk Filipina bekerja sebagai petani dan nelayan. Hasil utama pertanian adalah kelapa, tebu, tembakau, abaka,padi pisang,dan nanas. Filipina merupakan penghasil kelapa atau kopra dan abaka terbesar di dunia. Pusat penelitian padi Internasional IRRI atau International Rice Research Intitute berada di kota Los Banos, di dekat Manila

Sumber daya alam sector barang tambang yang dimiliki Filipina adalah emas,perak tembaga, batu kapur, dan krom.Sumber daya alam lainya adalah hasil                                                                                                                                                                             hutan seperti kayu dan rotan. Hasil perkebunan dan pertanian seperti tembakau, kelapa,sawit, dan beras. Untuk hasil laut, Filipina terkenal sebagai pemasok ikan ke Negara Jepang, Korea, hingga eropa. Oleh karena sedikitnya kekayaan alam, khususnya sector tambang yang dimiliki Negara Filipina, Negara ini mengandalkan keindahan alam maupun laut sebagai objek wisata sehingga dapat menambah devisa atau pemasukan Negara.,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar