Kamis, 18 Desember 2014

Kenampak Alam Wilayah Perairan Indonesia

Perairan adalah wilayah di muka bumi yang diisi air. Perairan terdapat di daratan dan lautan. Perairan darat antara lain sungai, danau dan rawa. perairan laut antara lain laut, selat dan teluk.
  1. Sungai. merupakan saluran air yang terbentuk secara alami. air sungai mengalir dari hulu menuju hilir. pada umumnya sungai bermuara di laut. Wilayah Indonesia dialiri banyak sungai. Sungai - sungai terpanjang di Indonesia adalah sungai - sungai Kapuas Besar (1.010 km) di kalimantan Barat, sungai Mahakam (715 km)di  Kalimantan Timur,Sungai Digul (650 km)di Papua, dan sungai Katingan (504 km0, di Kalimantan tengah. selain itu, juga ada Sungai Musi, Sungai Batanghari, dan sungai Kampar, Sungai Rokan di Sumatra, serta Sungai Bengawan Solo di Jawa.

sungai Batanghari di Jambi

2. Danau. Merupakan daerah genangan air yang sangat luas di daratan. danau berukuran kecil di sebut telaga. Danau - danau terluas di Indonesia adalah Danau Toba (1.773 km2) di Sumatera Utara, Danau Sentarum (1.320 km2) di Kalimantan Barat, Danau Tawuti 9578,1 km2) di Sulawesi Selatan dan seterusnya.

3. Rawa.adalah daerah yang berair dan berlumpur. di Indonesia, rawa banyak terdapat di daerah pantai Riau, Sumatera Selatan, kalimantan Timur, kalimantan Selatan dan Papua. Hutan Bakau tumbuh di daerah rawa payau. Eceng Gondok banyak tumbuh di di Rawa air tawar. Rawa air tawar contohnya Rawa Pening di Ambarawa, Jawa Tengah.


4. Selat. adalah laut sempit yang memisahkan dua pulau. Selat di Indonesia antara lain Selat Alor 9 antara Pulau Lombleum dan Pulau Pantar), Selat Benggala(antara Pulau Weh dan Aceh dan Selat Karimata (antara Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan)
Selat

5. Teluk. adalah laut yang menjorok ke daratan. contoh teluk antara lain Teluk Semangka (Sumatera), teluk Penyu (Jawa) Teluk Nuri (Kalimantan)Teluk Tomini(Sulawesi),Teluk saleh (Bali) dan Teluk Bintuni (Papua). pada peta, kenampakan teluk di tunjukan dengan simbol TI

teluk Bayur Sumatera Barat

6. Laut. merupakan wilayah perairan yang luas dan airnya asin. Laut yang sangat luas di sebut Samidera. Wilayah Indonesia di batasi Samudra Hindia dan Samudera Pasifik. Laut di Indonesia antara lain Arafura ( selatan kepulauan Aru), laut Banda ( Selatan PulauSeram), laut Flores( utara pulau Flores), laut Jawa 9utara Pulau Jawa), Laut Maluku (brat pulau Halmahera), Laut Sawu /Sabu (selatan Laut Flores), laut Seram (utara pulau Seram),laut Sulawesi (utara Pulau Sulawesi),dan Timor (timur Pulau Timor).

laut di Sumatera Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar