Rabu, 24 Desember 2014

Manfaat Buah Semangka


(c) Brent Hofacker - Fotolia.com

Semangka (Citrullus lanatus) adalah buah yang termasuk golongan ketimun. Daging buah ini berwarna merah dan mengandung 90% air. Semangka mengandung kalori, air, karbohidrat, protein, serat, mineral, dan berbagai vitamin. Semangka tidak mengandung lemak atau kolesterol. Vitamin A, B, dan C adalah vitamin yang banyak terkandung dalam buah ini. Semangka kaya akan kalium, besi, magnesium, dan fosfat. Selain itu, semangkan banyak mengandung anti-oksidan lycopene, beta-karoten, lutein, zeaxanthin, dan cryptoxanthin, enzim, asam organik, serta gula alami.

FUNGSI

  • Melawan radikal bebas. Anti-oksidan lycopene pada semangka berfungsi melawan radikal bebas penyebab kanker, penyakit jantung, arthritis, asma, stroke, serta kerusakan kulit. Semangka adalah buah yang memiliki kadar lycopene paling tinggi di antara semua jenis buah.
  • Mencegah dehidrasi. Kandungan air dan elektrolit yang tinggi pada semangka dapat membantu mengganti cairan tubuh.
  • Detoksifikasi. Semangka berfungsi meningkatkan produksi urin sehingga dapat membantu membuang berbagai racun dalam tubuh, membersihkan hati dan ginjal, serta menurunkan kadar asam urat dalam darah.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui kandungan vitamin C, lycopene, dan anti-oksidan lain.
  • Menjaga kesehatan mata melalui komponen lycopene dan vitamin A.
  • Menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Kalium, magnesium, asam amino citrulline pada semangka dapat membantu menurunkan tekanan darah dan fungsi jantung. Lycopene, beta-karoten, dan vitamin C juga dapat menurunkan kolesterol sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.
  • Meningkatkan fungsi seksual. Asam amino citruline berperan dalam produksi nitirit oksida yang berfungsi melebarkan pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan stamina seksual dan mencegah disfungsi ereksi.
  • Membantu tidur lebih lelap. Kandungan karbohidrat polisakarida pada semangka merangsang pelepasan serotonin, suatu hormon yang berperan dalam proses tidur.

HAL TERKAIT

Semangka dapat dimakan secara langsung atau dijadikan jus untuk diminum. Perlu diketahui bahwa penyimpanan semangka dalam lemari pendingin dalam jangka lama dapat mengubah kandungan nutrisi dan rasa semangka. Namun untuk menjamin rasa dan nutrisi yang baik, semangka sebaiknya didinginkan 30 menit sebelum dipotong. Proses pendinginan singkat dapat mengecilkan sel pada buah sehingga kandungan nutrisi tetap berada di dalam sel dan tidak keluar saat dipotong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar