Senin, 19 Januari 2015

6 Bahan Alami untuk Atasi Sariawan

Sariawan adalah radang yang menyerang bagian mulut, bisa di rongga mulut, bibir bagian dalam, lidah, gusi dan langit-langit mulut. Sariawan biasanya timbul karena kurang Vitamin C.

Sariawan tidak termasuk penyakit berbahaya, tapi sangat mengganggu karena selain perih, juga bisa terasa sangat sakit. Nah, untuk mengatasi rasa sakit ini, kita bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti dikutip dari Everyday Roots.

1. Madu
Madu bisa membantu mencegah masuknya kuman maupun bakteri terhadap tubuh. Caranya adalah dengan mengoleskan madu asli pada sariawan. Ini bisa mengurangi rasa sakit pada daerah tersebut. penumpukan cairan.

2. Minyak kelapa
Minyak kelapa memberikan efek menenangkan pada sistem pencernaan. Minyak kelapa bersifat anti bakteri. Selain menghidrasi tubuh, minyak kelapa juga baik untuk menyembuhkan sariawan.

3. Pepermint
Peppermint mengandung zat anti-inflamasi yang merupakan obat  menghilangkan radang serta mengandung  zat yang bisa mencegah infeksi kuman. Selain itu, kandungan astringent di dalamnya membantu mengencangkan jaringan di sekitar luka, menghilangkan ketidaknyamanan lebih lanjut yang disebabkan oleh pembengkakan atau potensi penumpukan cairan.

4. Lidah buaya
Lidah buaya (aloe vera) bisa membantu menenangkan rasa sakit dan perih pada  sariawan. Lidah buaya bisa digunakan secara eksternal ataupun dengan cara dikonsumsi, misalnya dengan cara dijus. Jus lidah buaya bertindak sebagai penyegar mulut dan mencegah terjadinya bau mulut. Bukan itu saja, jus ini juga membantu mengobati sariawan dan masalah pendarahan gusi.

5. Yoghurt
Mengonsumsi yoghurt bisa mencegah dan mempercepat penyembuhan sariwan karena yoghurt membantu keseimbangan bakteri di mulut. Makan setiap hari  yoghurt menjadi salah satu solusi untuk mencegah  sariawan.

6. Berkumur dengan air garam
Berkumur dengan garam yang dicampur dengan air hangat dapat menyembuhkan luka sariawan. Kandungan garam dapat menarik cairan pada lika sariawan sehingga dapat mempercepat penyembuhan.
Selain itu  berkumur dengan air garam bisa mengurangi sakit tenggorokan serta pembengkakan menyakitkan sel pada selaput lendir di bagian belakang tenggorokan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar